Stasiun Sudimara adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta dan terletak di petak antara Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Rawabuntu. Saat ini stasiun yang memiliki tiga jalur rel itu setiap harinya menjadi tempat perhentian kereta listrik Commuter Line rute Tanah Abang-Serpong-Maja dan kereta api lokal Patas Merak. Selain itu, kereta api ekonomi lain yang melintas langsung di Stasiun Sudimara adalah kereta api Rangkas Jaya (Tanah Abang-rangkasbitung), Kalimaya (Tanah Abang-Merak), Krakatau (Merak-Madiun), dan kereta api barang.
Stasiun Sudimara merupakan stasiun kereta api yang cukup terkenal karena merupakan tempat bermulanya Tragedi Bintaro yang merupakan kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah transportasi modern Indonesia. Saat itu stasiun ini melayani persilangan dan persusulan antarkereta api. Meskipun stasiun ini kini memiliki peron tinggi berkanopi, stasiun ini tetap mempertahankan bangunan aslinya.
Informasi Umum Stasiun Sudimara
Lokasi | Jalan Jombang Raya Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15414 Indonesia |
---|---|
Ketinggian | +40 m |
Pengelola | KAI Commuter |
Letak dari pangkal | km 24+244 lintas Angke-Tanah Abang-Rangkasbitung-Merak |
Jumlah peron | 1 peron sisi dan 1 peron pulau yang sama-sama tinggi |
Jumlah jalur | 3 (jalur 1 dan 2: sepur lurus):
|
Bangunan dan tata letak
Awalnya stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 sebagai sepur lurus. Sejak pengoperasian jalur ganda Tanah Abang–Serpong per 4 Juli 2007, tata letak stasiun ini sedikit diubah dengan jalur 1 digunakan untuk sepur lurus arah hilir (Serpong), sedangkan jalur 2 digunakan untuk sepur lurus arah hulu (Tanah Abang) serta ditinggikan peronnya. Bangunan lama stasiun ini yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen tetap dipertahankan. Stasiun ini sudah diperpanjang peronnya agar memuat rangkaian KRL yang terdiri dari sepuluh kereta.
Saat ini Stasiun Sudimara sudah memiliki underpass, bersama dengan Stasiun Pondok Ranji, sehingga penumpang tidak perlu lagi menyeberang rel dan tidak tertinggal KRL. Setelah memasuki e-gate, penumpang dapat langsung menyeberang melalui underpass.
Antarmoda pendukung
Jenis angkutan | Nomor rute | Tujuan |
---|---|---|
Angkot | C02 | Stasiun Sudimara–CBD Ciledug |
D06 | Stasiun Sudimara–Terminal Pondok Cabe | |
D08 | Terminal Pondok Cabe-Terminal BSD Sektor I (via Sawah Lama Raya) |